Wanna Feeling Loved? Try to increase your Oxytocin!

Hormon oksitosin ini penting bagi kesehatan psikologis kita.

Rumus kimia oksitosin adalah C43H60N12O12S2.

Oksitosin membangun efek rasa nyaman dan rasa bahagia. Hormon oksitosin disebut juga hormon kasih sayang, karena hormon ini berhubungan dengan perasaan disayangi dan dicintai. Orang yang merasa dicintai dengan baik cenderung memiliki kadar oksitosin yang tinggi.

Tapi kadar hormon oksitosin dalam tubuh dapat berkurang bila ia merasa tidak dicintai dengan baik.

Pengaruh hubungan cinta kasih yang berlangsung dengan baik, termasuk secara fisik, seksual dan batin, dapat meningkatkan hormon ini.

Sebaliknya, mereka yang memiliki kisah hidup dan kisah cinta yang suram atau kurang mendapat kasih sayang dari Orangtua cenderung mengalami masalah dengan hormon oksitosin. Artinya, kadar hormon oksitosin di dalam tubuh nya kurang dari cukup.

Anda dapat membantu orang yang Anda sayangi menjadi lebih sehat. Satu cara mudah melepaskan oksitosin untuk membuat orang yang Anda sayangi lebih sehat.

Mau tahu?

Begini caranya:

  • Tatapan kontak mata yang Anda buat saat Anda tersenyum memandang orang yang Anda kasihi, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin.
  • Berikan pelukan kepada orang yang Anda sayangi, maka hormon oksitosin akan membuat diri nya merasa dicintai.
  • Bila kalian saling berpegangan tangan, maka tubuh kalian akan melepas oksitosin, dan kadar hormon stres (kortisol) akan turun dan tekanan darah akan turun. Jadi, saling berpegangan tangan ini bisa jadi obat penurun hipertensi juga lho bagi pasangan Anda yang menderita hipertensi.
  • Ciumlah dia yang Anda sayangi, maka tubuh akan melepaskan hormon oksitosin.
  • Menarilah bersama orang yang Anda sayangi, maka tubuh kalian akan melepaskan oksitosin.
  • Dengan mendengarkan musik/lagu gembira dapat membuat tubuh memproduksi hormon oksitosin dan meningkatkan mood (suasana hati) Anda menjadi lebih baik.

 

Dan, bila Anda sedang dalam kesedihan, jangan mendengarkan musik ataupun lirik-lirik lagu yang menyanyikan kesedihan karena justru akan membuat suasana hati Anda makin larut dalam kesedihan. Jauh lebih baik bila Anda mendengarkan lagu-lagu rohani yang lembut untuk menghibur hati Anda di kala sedih. Lagu-lagu rohani juga bisa membangun iman percaya Anda bahwa masih ada Satu Pribadi yang mencintai Anda, yaitu Tuhan. Walaupun di sekitar Anda tidak ada orang yang perhatian pada Anda, tapi Tuhan mau menerima Anda apa adanya sebab Dia mengasihi Anda. Walaupun Anda merasa diri tidak berharga, tapi jiwa (nyawa) dan hidup Anda berharga di mata Tuhan. Jadi, kalau masih ada Tuhan yang betul-betul mengasihi dan menerima diri Anda apa adanya, tiada lagi alasan bagi Anda untuk tidak bisa menerima diri sendiri. Belajar menerima diri sendiri sebagaimana Tuhan mengasihi Anda.