fbpx

Hati-hati Beli Properti

Hati-Hati Beli Properti

Memiliki rumah merupakan impian tiap orang.
Apalagi harga rumah naik terus, bisa tanpa terkendali. Harga rumah yang terus meroket bisa membuat generasi zaman now kesulitan untuk memiliki rumah. Kenaikan harga properti dan kenaikan inflasi tidak sejalan dengan kenaikan gaji pegawai perusahaan.

Kenali Bahaya-Bahayanya

1. Pembangunan bisa molor, lewat dari janji di awal saat mereka menawarkannya kepada Anda. Bila pembangunan molor lama, berarti uang yang Anda investasikan sama dengan uang mati. Tidak produktif.

2. Pengembang bisa lari, tidak bertanggung jawab.
3. Membeli rumah secara inden memang harganya bisa lebih murah daripada membelinya saat launching. Tapi, kelemahannya adalah rumah tersebut tidak bisa langsung dihuni. Anda harus bersabar menunggu beberapa tahun sebelum bisa menempati.

4. Anda bisa mengalami kerugian immateriil, misalnya banyak pikiran dan stres karena masalah properti yang tak kunjung selesai.

Cara Mengunci Risiko

1. Jangan buru-buru membeli rumah.

2. Jangan mudah termakan bujuk rayu para marketing. Mereka adalah karyawan. Mereka bisa keluar masuk.

3. Jangan mudah menyerahkan uang sepeserpun kalau Anda belum yakin dengan kredibilitas pengembang.

4. Lindungi hak Anda sebagai konsumen dengan payung hukum yang jelas.

5. Lindungi harta Anda dengan asuransi. Kalau di kemudian hari ternyata terjadi sesuatu yang buruk (misalnya pengembang lari, uang Anda rentan terhadap risiko kehilangan), maka Anda masih bisa bertahan hidup dengan perlindungan atau proteksi dari asuransi.

Keuntungan Berinvestasi Properti

1. Harga rumah, tanah atau properti yang cenderung selalu naik terus. Kalau Anda membeli lebih awal, tentu Anda akan lebih untung, daripada ketika Anda membeli baru pada saat properti sudah booming karena harganya sudah menjadi semakin mahal.

2. Investasi di properti merupakan investasi jangka panjang. Jadi, kalau Anda tipe investor jangka pendek, sebaiknya Anda berpikir dua kali lebih panjang sebelum memutuskan untuk menanamkan uang di sektor properti.

3. 

Oke, untuk sementara saya rasa sharing saya cukup segini dulu. Besok disambung lagi.
Semoga tulisan ini bermanfaat!

Salam Cerdas Investasi,
DaveAlexius.com 


Anda tetap bisa ORDER dengan masuk ke laman Check-out. Untuk sementara, woo-commerce belum bisa digunakan, masih tahap ujicoba dan pengembangan. Dismiss